Yuk Nanam - Pusat Penjualan Benih dan Informasi Agro BisnisYuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.
Beranda » Informasi Terbaru » Fakta Menarik dari Bunga Lilac !!!

Fakta Menarik dari Bunga Lilac !!!

Diposting pada 3 September 2021 oleh amel admin | Dilihat: 3.899 kali

Mari kita cari tahu tentang bunga lilac yuk!

Tak sekedar bunga yang cantik, lilac telah membawa makna simbolis dalam banyak budaya selama berabad-abad.Dikenal sebagai“RatuSemak”.Lilac adalah tumbuhan semak berbunga dan harum, cocok untuk ditanam di kebun rumah kita.

Dalam bahasa ilmiah bunga lilac disebut dengan Syringa. Syringe adalah genus dari 12 spesies tumbuhan berbunga berkayu dalam keluarga zaitun yang saat ini dikenal. Berasal dari hutan dan semak belukar dari Negara Eropa Tenggara hingga Asia Timur, dan secara  luas dan umum dibudidayakan didaerah beriklim sedang ditempat lain. Ada juga yang mengatakan kalau Syringa Vulgaris ini adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga zaitun Oleaceae, yang berasal dari semenanjung baikan, dimana tumbuhan tersebut tumbuh di perbukitan berbatu.

Aroma lilac  menjadikan tanaman ini menonjol dikebun dimana aromanya lebih kuat saat dibawah sinar matahari penuh dan umumnya digunakan dalam pembuatan parfum atau sabun.

Berikut 6 fakta menarik tentang bunga lilac yang mungkin mengejutkan anda, hal ini dilansir oleh Better Homes and Gardens:

  1. Lilac dalam keluarga yang sama dengan pohon zaitun

Semak-semak ini masuk dalam keluarga Oleaceae, yang mencakup lebih dari 20 spesies tanaman yang berbeda, termasuk zaitun, ash, dan melati. Dalam spesies mereka, ada lebih dari 1.000 varietas Lilac, termasuk beberapa pohon. Pohon Lilac Peking dan Lilac Japanese dapat mencapai ketinggian lebih dari 30 kaki.

2.       Sejarah Lilac berakar dari Mitologi Yunani

Bagi orang Yunanikuno, Lilac adalah bagian integral dari kisah Pan, Dewa Hutan dan Ladang. Dikatakan bahwa Pan jatuh cinta pada bidadari bernama Syringa. Ketika dia mengejarnya melalui hutan suatu hari, Syringa mengubah dirinya menjadi semak ungu untuk menyamar karena dia takut padanya. Pan menemukan semak dan menggunakan bagiannya untuk membuat panpipe pertama. Nama Syringa berasal dari kata Yunani untuk pipa, “syrinks” -dan dari situlah nama ilmiah Lilac, Syringa, berasal.

  1. Lilac memiliki arti berbeda dalam berbagai budaya

Lilac melambangkan musim semi dan pembaruan karena mereka adalah bloomer awal. Semak-semak ini juga memiliki makna berbeda dalam budaya yang berbeda sepanjang abad. Celtics melihat Lilac sebagai magis karena aroma manisnya.

Selama zaman Victoria, Lilac adalah simbol dari cinta lama – para janda sering mengenakan Lilac selama masa ini. Di Rusia, memegang setangkai Lilac di atas bayi yang baru lahir dianggap membawa kebijaksanaan.

  1. Setiap warna Lilac memiliki arti yang berbeda

Meskipun spesies ini mewakili pembaruan dan kepercayaan diri secara keseluruhan, setiap warna Lilac memiliki arti khusus tersendiri. Lilac putih melambangka kemurnian dan kepolosan, sedangkan Lilac ungu melambangkan spiritualitas.
Jika mekar lebih banyak di sisi biru roda, mereka melambangkan kebahagiaan dan ketenangan. Lilac Magenta melambangkan cinta dan gairah.
Variasi kuning Lilac, ‘Primrose’, bukanlah pemandangan umum di taman Amerika, dan baru diperkenalkan pada tahun 1949, jadi tidak diketahui memiliki makna simbolis.

  1. Lilac adalahfavoritpresidenawal

Lilac berasaldariEropaTimurdan Asia dandibawakeAmerikaolehpenjajahpadaabad ke-17.Meskipun Lilac bukanasliAmerikaSerikat, merekadengancepatmenjadipopuler di kalangan orang Amerika.Baik George Washington maupun Thomas Jefferson menanamsemak-semakini di kebunmereka, dan Lilac ditanam di kebunbotanipertama di Amerika.

  1. Lilac adalah peninggalan dari rumah-rumah tua

Lilac dikenal karena sifatnya yang keras dan umur panjang — banyak semak ungu hidup lebih dari 100 tahun.Karena masa hidup Lilac, mereka sering bertahan lebih lama dari rumah tukang kebun yang menanamnya. Jadi, jika Anda berada di jalan pedesaan dan melihat beberapa semak Lilac yang tampaknya acak, kemungkinan besar ada rumah atau pertanian di sana pada abad terakhir.

Selain bisa menikmati keindahannya secara visual, bunga lilac juga memiliki manfaat yang bisa dipergunakan untuk bagi kesehatan kulit. Selain anti-fungal, lilac juga bersifat anti-bakteri, anti-aging dan dapat membantu memperkecil tampilan pori-pori sebagai astringent.

Karena harga benih bibitnya yang kelewat murah sangat worth it untuk kalian para pecinta tanaman untuk membelinya, bibit benih bisa dibeli di took bunga terdekat atau online shop dengan harga per ecernya sekitar Rp10.000 sajaloh. Dengan demikian kalian bisa mengikuti cara menanamnya sebagai berikut:

  1. Pilih semak lilac untuk ditanam

Kunjungi tempat pembibitan tanaman untuk memilih berbagai macam lilac untuk ditanam. Selain warna, perhatikan juga ketinggian tanaman setelah selesai tumbuh. Beberapa jenis lilac, seperti Palibin’ dan lilac Superba, tumbuh menjadi semak-semak setinggi 5 sampai 6 kaki. Jenis lainnya, seperti Syringa reticulata, tumbuh menjadi pohon setinggi 20 sampai 30 kaki.

  • Anda dapat membeli lilac yang akarnya bersih tanpa media tanam apapun atau lilac yang ditanam dalam wadah dari tempat pembibitan setempat atau dari perusahaan pasokan tanaman daring (online). Pusat penjualan tanaman atau pembibitan setempat Anda seharusnya dapat merekomendasikan varietas lilac mana yang tumbuh paling  baik di wilayah Anda.
  • Anda juga dapat mentransplantasi anakan pohon dari lilac Galidan transplantasi anakan pohon lilac dari teman atau tetangga di musim semi, tepat saat kuncup daun mulai terbentuk atau ketika daun yang baru membuka masih kecil. Pilihan akan pohon yang tingginya setidaknya 12 inci (30,5 cm). Gunakan sekop untuk menggalianakan pohon dari tanah dengan akar sebanyak mungkin. Potong akar penghubung dengan pisau sekop untuk memisahkan anakan pohon dari tanaman induk.
  1. Pilih tempat untuk menanam lilac

Lilac perlu sinar matahari penuh, jadi temukan tempat yang menerima setidaknya 6 jam matahari setiap hari dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Lilac yang tumbuh di udara stagnan yang lembap atau tanpa cukup sinar matahari rentan terhadap penyakit. Lilac juga membutuhkan tanah dengan drainase yang baik. Jika drainase masalahnya, buat gundukan atau bidang tanam untuknya sebelum menanam.

  • Hindari menanam lilac Akar lilac perlu ruang untuk menyebar
  1. Siapkan lilac untuk ditanam

Renda makar lilac dalam air hangat selama 10-15 menit. Kendurkan gumpalan akarnya dengan menggunakan jari untuk memisahkan akarnya dengan pelan.

  1. Rencanakan untuk menanam lilac dimusim semi atau musim gugur

Gali lubang di tanah cukup dalam untuk memendam akarnya. Bagian dasar lilac harus terletak di permukaan tanah. Setelah menanam lilac dalam lubang, isi setengah dengan tanah, kemudian siram sebelum mengisi sisa lubang lagi dengan tanah. Buat level tanah lebih tinggi dengan gundukan alami di bagian bawah dasar tanaman. Menutupi bagian dasar lilac melebihi titik ini bisa menekan akarnya dan membuat lilac mati.

  • Jika tanah tempat Anda tinggal tidak terlalu subur, tambahkan pupuk kompos, serbuk tulang, atau pupuk kelubang sebelum menanam lilac.
  • Taburkan kapur di tanah di atas akar lilac ikuti petunjuk aplikasi dari produsen dan aplikasikan kembali setiap 3 sampai 5 tahun. Lilac lebih menyukai pH netral sampai sedikit asam dari 5 sampai 7.
  • Jika anda menanam lebih dari satu semak lilac, beri jarak antar lubang yang Anda gali sejauh 5-15 kaki (1,5-4,6 m) terpisah, tergantung varietas apa yang anda tanam.

Bagikan informasi tentang Fakta Menarik dari Bunga Lilac !!! kepada teman atau kerabat Anda.

Fakta Menarik dari Bunga Lilac !!! | Yuk Nanam

Komentar dinonaktifkan: Fakta Menarik dari Bunga Lilac !!!

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Apa saja Manfaat Pupuk NPK ?? Dan Bagaimana Cara Penggunaannya !

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Cara Menyemai Bunga Aster Dengan Metode Sederhana

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Asupan Tubuh Yang Sangat Penting Selama Puasa Ramadhan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
SIDEBAR