Yuk Nanam - Pusat Penjualan Benih dan Informasi Agro BisnisYuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.
Beranda » Informasi Terbaru » 7 Fakta Unik Kantong Semar, Si Unik Yang Rakus Serangga | Yuk Nanam

7 Fakta Unik Kantong Semar, Si Unik Yang Rakus Serangga | Yuk Nanam

Diposting pada 15 September 2021 oleh amel admin | Dilihat: 113 kali

Kantong semar – Bagi masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi mendengar nama kantong semar. Tumbuhan berbentuk terompet atau corong yang indah dan pemakan serangga. Yups, kantong semar menyerap nutrisi dari serangga yang dimakannya. Tanaman ini termasuk jenis karnivora yang banyak dihidup di Negara beriklim tropis seperti Indonesia, Indochina, Malaysia, Filiphina, India, Srilanka, serta Australia. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

Dibalik uniknya bentuk kantong semar, ada fakta menarik didalamnya loh! Berikut fakta menarik tentang tumbuhan kantong semar :

  1. Menghasilkan Nektar Manis

Ini adalah cara kantong semar menarik perhatian serangga yakni menghasilakan nektar yang sangat manis rasanya sehingga membuat serangga tertarik. Tekstur nektar inipun sangat lengket.

  1. Mempunyai Cairan Pencerna Serangga

Uniknya kantong semar menghasilkan cairan pencerna serangga yang terkandung enzim tripson atau pepsin didalamnya. Biasanya kandungan enzim tersebut ditemukan pada hewan. Tak heran jika tumbuhan kantong semar mampu mencerna serangga dengan baik.

  1. Berumur Panjang

Kantong semar dapat hidup tahunan. Dilansir dari situs flytapecare menyatakan bahwa kantong semar dapat hidup antara usia 15 hingga 20 tahun tergantung perawatannya.

  1. Suka Daerah Lembab

Tanaman karnivora ini tumbuh dengan baik ditanah yang selalu lembab. Jika berminat menanam kantong semar, perhatikan kelembapannya,  jika terlalu kering tanaman akan mati.

  1. Pemakan Yang Rakus

Beberapa jenis spesies kantong semar dapat melahap serangga yang lebih besar dari ukurannya seperti tikus hingga kodok sekalipun. Namun perlu waktu lama untuk mencernanya.

  1. Berhubungan Baik Dengan Kelelawar

Spesies kelelawar berbulu biasanya tidur dalam kantong semar sambil melindungi diri dari serangga yang akan tergelincir jatuh dalam kantong semar. Selain itu, kotoran kelelawar bernutrisi bagi kantong semar.

  1. Dijadikan Obat Batuk Dan Obat Mata

Dilansir dari jurnal berjudul Nepenthes: State of the Art of an Inspiring Plant for Biotechnologists, kantong semar dapat dijadikan sebagai obat batuk karena cairan dari kantong yang masih tertutup mengandung senyawa anti bakteri yang berguna mengobati batuk. Jika kantongnya terbuka dapat menyembuhkan sakit mata. Tapi ingat, jangan langsung digunakan karena untuk mendapatkan khasiat tanaman harus diekstrak terlebih dahulu yaa

Itu dia fakta unik dan menarik tentang kantong semar. Dapatkan informasi lainnya di yuknanam.com

Bagikan informasi tentang 7 Fakta Unik Kantong Semar, Si Unik Yang Rakus Serangga | Yuk Nanam kepada teman atau kerabat Anda.

7 Fakta Unik Kantong Semar, Si Unik Yang Rakus Serangga | Yuk Nanam | Yuk Nanam

Komentar dinonaktifkan: 7 Fakta Unik Kantong Semar, Si Unik Yang Rakus Serangga | Yuk Nanam

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Harga Cabai Naik?? Ini Alasannya !!

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Cara menanam terong (Budidaya Terong)

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Thyme Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
SIDEBAR