Yuk Nanam - Pusat Penjualan Benih dan Informasi Agro BisnisYuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.Yuk Nanam - Lapak Bibit Online Terbaik, Termurah Dan Terpercaya Di Seluruh Indonesia.
Beranda » Informasi Terbaru » Bertanam Semangka Hidroponik…

Bertanam Semangka Hidroponik…

Diposting pada 7 April 2021 oleh amel admin | Dilihat: 1.133 kali

     Tanaman Semangka merupakan tanaman yang merambat. Biasanya tanaman ini di tanam mengunakan media tanah. Namun, saat ini semangka sudah bisa di tanam dengan metode hidroponik. Caranya pun tidak sesulit yang kalian.

Dengan metode hidroponik, semua tanaman akan terkontrol dengan lebih baik dan menanam menjadi lebih mudah. Namun, kelemahan dari hidroponik ini kalian harus mengeluarkan modal yang lebih besar untuk kualitas produksi yang lebih baik.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menanam semangka dengan hidroponik, yuk simak penjelasannya !! 1

  1. Pemilihan Benih . Sebelum tanam alangkah baiknyua jika memilih benih yang terbaik dahulu agar pertumbuhannya dapat maksimal. Pemilihan benih yang baik yaitu benih yang terlihat hitam mengkilap dengan permukaan yang licin dan tidak cacat. Jika
  2. Menyediakan Media Tanam . Untuk medi hidroponik yang harus kalian siapkan adalah pipa paralon, timer, dengan instalasi drum plastik yang digunakan sebagai bak penampung air, mesin pompa, streofom dan talang air.
  3. Penyemaian . Dari pemilihan bibit dan penyediaan aneka perlengkapan, lanjut pada proses berikutnya yaitu penyemaian. Namun sebelumnya harus disediakan dulu gabus atau kapas yang telah dibasahi dengan air.Selanjutnya, bibit direndam lagi namun kali ini menggunakan larutan fungisida yang berada di sekitar 2 hingga 4 jam. Setelah itu bibit dapat dimasukan atau disemai dalam tanah memakai polybag.Beberapa hari kemudian ketika bibit tersebut telah berubah jadi kecambah dan mengeluarkan akar-akarnya, segera pindah ke dalam media sekam. Tujuannya agar proses pertumbuhan serta bibit bisa berjalan lebih cepat.

    Proses ini jangan pernah lupa melakukan pemupukan dan pemupukan dengan nutrisi tanaman. Pemeliharaan dalam sekam ini terus dilakukan selama 1 hingga 2 minggu sampai tanaman bertambah besar dan keluarnya akar yang lebih banyak.

  4. PenanamanProses dan cara menanam semangka hidroponik berikutnya adalah memindahkan tanaman ke media hidroponik. Pekerjaan ini membutuhkan tingkat kehati-hatian yang tinggi agar tidak ada bagian dari tanaman yang mengalami kerusakan.

    Adapun langkahnya, pertama pilih tanaman semangka yang sudah mengeluarkan daun sekitar 3 atau 4 helai dan akar yang lebih banyak. Setelah dipilih, langsung dipindahkan dalam media yang telah disiapkan.

    Gunakanlah metode aliran otomatis saat memberi nutrisi bagi tanaman yang sebelumnya juga sudah dirangkaikan bersama timer. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, memberikan nutrisi harus dilakukan secara teratur.

  5.  PemeliharaanLangkah terakhir adalah tumbuh di tanaman semangka hidroponik tersebut. Misalnya harus selalu dijaga agar media airnya selalu berada dalam kondisi yang bersih dan steril. Kemudian jika gulma atau lumut yang tumbuh dalam saluran pipa, juga harus segera disingkirkan.
  6.  PemanenanTanaman semangka yang dibudidayakan secara hidroponik dapat dipanen setelah menginjak usia antara 2 sampai 3 bulan sejak ditanam dalam media hidroponik. Buahnya boleh dipetik secara langsung atau dipotong pada bagian tangkainya.

Bagikan informasi tentang Bertanam Semangka Hidroponik… kepada teman atau kerabat Anda.

Bertanam Semangka Hidroponik… | Yuk Nanam

Komentar dinonaktifkan: Bertanam Semangka Hidroponik…

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Pentingnya Asparagus Bagi Kesehatan Tubuh Anda…

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Presiden Joko Widodo Berikan Apresiasi Saat Kunjungi Panen Raya Padi Di Malang

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Fakta Menarik Daun Kelor Bisa Bantu Atasi Masalah Kesehatan Ini

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
SIDEBAR